Minggu, 12 Januari 2014

ALGORITMA

kali ini saya akan menjelaskan pengertian atau penjelasan tentang algoritma...

kita mulai saja..

Kata algoritma berasal dari latinisasi nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan Al Khawārizmi (hidup sekitar abad ke-9), sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa latin dari abad ke-12 "Algorithmi de numero Indorum". Pada awalnya kata algorisma adalah istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab (sebenarnya dari India, seperti tertulis pada judul di atas). Pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadi algoritma, yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan




Algoritma adalah Sistim kerja komputer memiliki brainware, hardware, dan software. Tanpa salah satu dari ketiga sistim tersebut, komputer tidak akan berguna ataupun urutan langkah-langkah logis pada penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Masalah dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah ada syarat kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Konsep algoritma sering kali disetarakan dengan sebuah resep. Sebuah resep biasanya memiliki daftar bahan atau bumbu yang akan digunakan, urutan pengerjaan, dan bagaimana hasil dari urutan pengerjaan tersebut. Apabila bahan yang digunakan tidak tertera (tidak tersedia), maka resep tersebut tidak akan dapat dikerjakan. Demikian juga jika urutan pengerjaannya tidak beraturan, maka hasil yang diharapkan tidak akan dapat diperoleh. 



ini adalah contoh gambar dari algoritma


ataupun contoh lainnya


Berikut ini beberapa contoh penyelesaian dengan Algoritma.
Misalkan, saya punya 2 buah ember masing-masing bervolume 3 liter dan 5 liter. Saya hanya punya dua ember tersebut. Entah karena lupa atau sengaja lupa, suatu ketika saya ingin membeli 4 liter minyak tanah. Lha yang saya bawa itu hanya ember berukuran 3 liter dan 5 liter saja, saya boleh memindahkan dari ember satu ke ember lain, mengembalikan minyak tanah ke tempat asalnya dan sebagainya. Bagaimana Algoritmanya?
Algoritma mendapatkan minyak dengan volume 4 liter.


  1. Isi penuh ember 3 liter dengan minyak. {ember 3 liter berisi minyak 3 liter}
  2. Tuangkan minyak dari ember 3 liter ke dalam ember 5 liter. {ember 5 liter berisi minyak 3 liter}.
  3. Isi penuh ember 3 liter dengan minyak. {ember 3 liter berisi minyak 3 liter}
  4. Tuang minyak dari ember 3 liter ke ember 5 liter hingga ember 5 liter penuh. {di dalam ember 3 liter sekarang berisi minyak sebanyak 1 liter}
  5. Kembalikan minyak dari ember 5 liter ke dalam drumnya.{ember 5 liter kosong}
  6. Tuangkan minyak dari ember 3 liter ke ember 5 liter.{ember 3 liter kosong, ember 5 liter berisi minyak 1 liter}
  7. Isi penuh ember 3 liter dengan minyak, lalu tuang ke dalam ember 5 liter. Maka akan diperoleh minyak sebanyak 4 liter {1 + 3 = 4 liter minyak }.
Semoga Bermanfaat jangan lupa komentar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar